Anda belum login :: 21 Apr 2025 01:50 WIB
Detail
BukuHubungan antara Self Disclosure pada Selebriti dengan Parasocial Relationship pada Penggemar di Media Sosial Instagram
Bibliografi
Author: Nugroho, Wahyu Cahyo (Advisor); Yusuf, Aqiilah Amandri
Topik: Parasocial relationship; Self-Disclosure; Selebriti; Instagram
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Aqiilah Amandri Yusuf's Undergraduate Thesis_2020.pdf (1.27MB; 101 download)
Abstract
Parasocial relationship merupakan keakraban satu arah yang terjadi pada penggemar terhadap selebriti yang terbentuk berdasarkan paparan berulang dan bertahan dalam jangka waktu panjang. Interaktivitas pada media sosial Instagram memfasilitasi terbentuknya relasi tersebut melalui medium fotografi yang memotivasi selebriti untuk melakukan self-disclosure. Pengguna Instagram yang didominasi oleh anak muda, memiliki peluang tinggi untuk terlibat parasocial relationship yang lebih intens. Dengan demikian, penelitian ini bermaksud untuk mengkaji hubungan antara pengungkapan diri atau self-disclosure yang dilakukan oleh selebriti dan parasocial relationship yang dialami oleh penggemarnya di media sosial Instagram. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan diolah dengan metode statistik korelasional. Kuesioner penelitian berisi alat ukur Celebrity’s Self-Disclosure Scale yang terdiri dari 12 item dan Parasocial Interaction Scale [PSI-Scale] yang terdiri dari 20 item. Item-item dari kedua alat ukur ini berupa kalimat pernyataan yang harus dijawab dengan memberikan rating antara angka 1-7 dan 1-5. Setelah melewati proses adaptasi dan uji psikometris, seluruh item pada kedua alat ukur ini terbukti valid. PSI-Scale dan Celebrity’s Self-Disclosure Scale juga terbukti reliabel dengan masing-masing nilai Cronbach’s Coefficient Alpha .842 dan .834. Kemudian, kuesioner disebarkan secara daring. Penelitian ini mendapatkan 93 responden dengan kriteria pengguna aktif Instagram dan mengikuti selebriti terfavorit dalam platform media sosial tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan angka korelasi Spearman’s Rho r = +.244, n = 212, p < .05, one tailed. Maka, terdapat korelasi positif antara self-disclosure yang dilakukan selebriti dengan parasocial relationship pada penggemar dalam media sosial Instagram. Diskusi membahas faktor-faktor yang mungkin turut berkontribusi pada parasocial relationship yang terjadi di Instagram, seperti variabel social presence dan gaya penyampaian dalam media sosial. Berdasarkan hasil penelitian ini, selebriti disarankan untuk menunjukkan informasi terkait dirinya dan menggunakan bahasa penyampaian informal di media sosial Instagram. Hal ini dilakukan demi menciptakan daya tarik dan lingkungan yang akrab antara selebriti dan audiens di Instagram.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)