Peringkat prestasi peserta didik di bidang matematika belum pernah dalam posisi yang memuaskan selama menjadi partisipan PISA. Pada tahun 2108, prestasi peserta didik di bidang matematika hanya berkisar di skor 379 jauh di bawah ratarata perolehan skor dari negara-negara yang berpartisipasi yaitu 489. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun pemerintah telah meluncurkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang meliputi literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi finansial, literasi sains, serta literasi budaya dan kewargaan. Pada kenyataannya GLN tidak mendongkrak prestasi peserta didik khususnya di bidang matematika. Hal ini menunjukkan bahwa GLN belum terlaksana dengan baik. Salah satu faktor keberhasilan GLN adalah pemahaman guru. Pada kenyataannya tidak banyak guru khususnya di sekolah dasar yang mengetahui apa dan bagaimana literasi numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru sekolah dasar mengenai literasi numerasi. Penelitian ini merupakan penelitian dasar yang dapat digunakan sebagai informasi awal mengapa program GLN khususnya di bidang matematika tidak dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini dilakukan mulai dari tahapan persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Luaran yang ditargetkan dalam penelitian ini adalah laporan penelitian dan artikel yang dipublikasikan dalam jurnal penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru-guru di Tangerang yang menjadi responden penelitian belum mengikuti pelatihan atau sosialisasi secara lengkap mengenai program literasi di sekolah khususnya literasi yang terkait dengan matematika yaitu literasi numerasi. Hal ini mengakibatkan guru belum memahami dengan tepat apa dan bagaimana literasi numerasi di sekolah dasar. Guru-guru memberikan penilaian yang sangat baik mengenai literasi numerasi yang harus ditumbuhkan dan dikembangkan bagi siswa SD, namun dalam proses pembelajaran sehari-hari guru belum melaksanakan kegiatan pembelajaran yang mendukung pengembangan literasi khususnya literasi numerasi bagi siswa sekolah dasar. Selanjutnya berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan baik bagi guru maupun sekolah untuk secara mandiri memperoleh informasi, merancang, dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang mendukung pengembangan literasi khususnya literasi numerasi bagi siswa sekolah dasar. |