Menjamurnya perusahaan penyedia jasa penerbangan, membuat perusahaan tersebut berlomba-lomba untuk mendapatkan penumpang. Banyak cara yang dilakukan salah satunya adalah memangkas biaya operasional agar tarif yang diberikan kepada konsumen lebih rendah jika dibandingkan dengan maskapai penerbangan yang lain. Strategi ini biasanya dilakukan oleh maskapai Low Cost Carrier atau LCC. Berbeda dengan perusahaan Garuda Indonesia, perusahaan ini mengedepankan kualitas layanan dan fokus untuk memenuhi kebuthuhan konsumen meskipun mematok tarif yang lebih tinggi. Dari sebab itu, dalam penelitian ini akan diuji pengaruh dari kualitas layanan dan tarif terhadap penggunaan kembali yang dimediasi oleh kepuasan konsumen. Pengambilan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner secara online dengan menggunakan Google Form. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 350. Data yang sudah diperoleh dianalisis menggunakan structural equation modeling (SEM) dengan software LISREL. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas layanan dan tarif berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen dan kepuasan konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap penggunaan kembali. |