Anda belum login :: 19 Apr 2025 07:02 WIB
Detail
ArtikelSimilar Chances to have good self-regulation, collaborative learning and academic-achievement among students with various admission selection: A Preliminary Study  
Oleh: Leatemia, Lukas Daniel
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Buletin Penelitian Kesehatan: Bulletin of Health Studies vol. 38 no. SUPP. (Dec. 2010), page 32.
Topik: Self regulation; Collaboration; IPK
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: B52
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
  • Perpustakaan FK
    • Nomor Panggil: B18.K
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelKualitas input dan proses sangat berpengaruh tehadap kualitas lulusan. Kualitas input ditentukan oleh kualitas seleksi masuk sedangkan kualitas proses terutama ditentukan oleh kualitas seleksi masuk, sedangkan kualitas proses terutama ditentukan oleh kualitas kurikulum. Proses seleksi yang baik dan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang diterapkan di seluruh institusi pendidikan kedokteran di Indonesia diharapkan mampu memicu mahasiswa untuk dapat belajar mandiri dan kolaborasi sehingga diharapkan mampu mencapai indeks prestasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self regulasi dan belajar kolaburasi mahasiswa yang berlatar belakang berbagai seleksi masuk dengan pencapaian prestasi akademiknya. Penelitian dilakukan secara case-control selama 5 bulan (Januari-Maret 2009) melalui pengisian kuesioner oleh seluruh mahasiswa FK Unmul yang menjalani KBK dan yang memenuhi criteria inklusi. Kuesioner yang memuat tentang cara seleksi masuk, pola regulasi diri dan kolaborasi serta nilai IPK diisi oleh responden dihadapan peneliti. Data dianalisis dengan regresi COX dengan menggunakan STATA versi 9. Seluruh 53 (100%) mahasiswa diangkatan 2007 berpatisipasi dalam penelitian ini. Hasil analisis data memperlihatkan 43 (94,3%) mahasiswa memiliki IPK yang tinggi dan masing-masing sekitar 79,1% dan 83,7% diantaranya memiliki regulasi diri dan kolaborasi yang baik. Mahasiswa ynag memiliki IPK tinggi serta regulasi dan kolaborasi yang baik ini ternyata tidak dipengaruhi oleh faktor cara seleksi masuk. Perbedaan, seleksi masuk mahasiswa FK Unmul ternyata tidak mempengaruhi mahasiswa untuk memiliki tingkat regulasi diri dan belajar kolaborasi yang baik serta IPK yang tinggi. Kemungkinan kualitas seleksi masuk proses pendidikan dan kualitas penilaian IPK mempengaruhinya. Hal ini memerlukan penelitian lebih lanjut.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)