Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat orientasi kewirausahaan inetrnasonal Dua Coffee DC pada pembentukan keputusan membuka usaha baru di luar negeri menggunakan lima dimensi orientasi kewirausahaan internasional pada studi Lumpkin dan Dess (1966). Penelitian ini menggunakan metoda kualitatif dengan studi kasus tunggal. Metoda pengumpulan data yang dilakukan dengan cara melakukan wawancara mendalam dengan tiga pemangku kepentingan yang terlibat dalam menjalankan bisnis Dua Coffee DC. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis pattern matching (penjodohan pola), analisis kronologis dan model bisnis dari Dua Coffee DC. Hasil temuan penelitian ini menunjukan bahwa ketiga pemilik Dua Coffee DC memiliki tingkat yang relatif tinggi pada dimensi proaktif, inovatif, pengambilan risiko dan agresivitas kompetitif. Dan berdasarkan analisis data yang dilakukan menemukan bahwa pengambilan keputusan ketiga pemilik membuka Dua Coffee di Amerika merupakan keputusan secara tiba-tiba setelah mengidentifikasi peluang yang dimiliki serta membentuk kemitraan untuk memudahkan proses internasionalisasi. |