Anda belum login :: 28 Apr 2025 14:30 WIB
Detail
BukuGambaran Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Anak di SMP X
Bibliografi
Author: Purwanti, Margaretha (Advisor); Vilani, Aprilita
Topik: Keterlibatan orangtua; Pendidikan anak; Siswa SMP
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext: Aprilita Vilani Undergraduate Thesis 2020.pdf (657.61KB; 24 download)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran keterlibatan orangtua siswa secara umum, keterlibatan di rumah, keterlibatan di sekolah dan faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan orangtua siswa SMP X. Berawal dari adanya keluhan dari pihak sekolah mengenai para siswa yang tidak mengerjakan PR dan memalsukan tanda tangan orangtua dalam PR mereka. Di sisi lain, pihak guru menyatakan bahwa para orangtua terlibat aktif dalam berbagai kegiatan sekolah. Hal tersebut membuat pihak guru menduga rendahnya keterlibatan orangtua di rumah, sehingga muncul perilaku para siswa tersebut. Adanya permasalahan ini membuat peneliti ingin meneliti terkait gambaran keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak SMP X untuk memberikan informasi kepada pihak sekolah dan jika diperlukan, dalam jangka panjang, hasil penelitian ini akan dapat membantu pihak sekolah untuk membuat program atau kegiatan terkait. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Anak. Karakteristik partisipan penelitian yaitu orangtua siswa SMP X kelas 7, 8 dan 9. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik convenience sampling. Metode analisis penelitian ini adalah kategorisasi data dan regresi linear berganda dengan jumlah partisipan sebanyak 139 partisipan. Hasil utama penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum, persentase terbesar partisipan memiliki keterlibatan dalam pendidikan anak yang tergolong tinggi, namun tidak berbeda jauh persentasenya dengan partisipan yang keterlibatannya tergolong rendah. Sedangkan keterlibatan di rumah dan di sekolah paling banyak partisipan memiliki keterlibatan yang tergolong sedang, dan tidak berbeda jauh dengan golongan rendah dan tinggi. Dalam hal ini berarti bahwa masih cukup banyak orangtua yang keterlibatannya tergolong rendah. Oleh sebab itu, keterlibatan orangtua perlu untuk ditingkatkan. Selain itu, faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan orangtua dikatakan terdapat kontribusi secara simultan terhadap keterlibatan orangtua. Faktor yang paling dominan berkontribusi pada keterlibatan orangtua adalah faktor persepsi orangtua mengenai waktu dan tenaga yang dirasakan. Adanya orangtua yang memiliki keterlibatan rendah membuat orangtua dan pihak sekolah perlu berupaya untuk meningkatkan keterlibatan tersebut. Orangtua perlu untuk meluangkan waktu dan tenaganya untuk melakukan aktivitas keterlibatan, sedangkan pihak sekolah mendukung orangtua dengan mengadakan sosialisasi terkait pentingnya keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)