Perusahaan coffee shop di Indonesia saat ini sudah berkembang sangat pesat. Oleh karena itu, untuk dapat bertahan dalam persaingan bisnis, maka dibutuhkan inovasi agar dapat mempertahankan loyalitas dari para pelanggan, perusahaan-perusahaan coffee shop di Indonesia harus memiliki berbagai macam program sales promotion. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan adanya pengaruh antara sales promotion terhadap loyalitas pelanggan dari Starbucks Indonesia, dengan menggunakan teori integrated marketing communication yang berfokus pada sales promotion, serta loyalitas pelanggan dengan menggunakan teori jenis loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik convenience sampling atau accidental sampling, dengan menyebarkan kuesioner yang berisi pernyataan terkait kedua variabel kepada 100 responden secara online. Hasil data yang diperoleh menunjukkan adanya pengaruh dari sales promotion yang dilakukan Starbucks Indonesia terhadap loyalitas pelanggan berdasarkan teori jenis loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil uji regresi, dapat disimpulkan jika sales promotion dilakukan secara berkala, maka loyalitas pelanggan Starbucks Indonesia juga akan meningkat. |