Perkembangan globalisasi yang semakin pesat menyebabkan informasi semakin mudah untuk didapatkan. Informasi-informasi tersebut dapat mempengaruhi perkembangan di berbagai bidang industri, khususnya dalam perkembangan fashion yaitu sneakers. Hal ini menjadi tren di generasi X dan Y sehingga minat beli sneakers terbilang tinggi. Salah satu produk sneakers yang paling banyak diminati adalah Nike Air Jordan. Teknik pemasaran Nike Air Jordan 1 adalah product placement. Teknik ini sendiri digunakan dalam film Spiderman: Into the Spider-Verse. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan judul "Pengaruh Product Placement Nike Air Jordan 1 dalam Film Spiderman: Into the Spider-Verse terhadap Minat Beli Penonton". Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh product placement Nike Air Jordan 1 dalam Film Spiderman: Into the Spider-Verse terhadap Minat Beli Penonton. Variabel x pada penelitian ini ditujukan pada product placement dengan dimensi visual dimension, auditory dimension, dan plot-connection dimension. Pada variabel y ditujukan melalui minat beli dengan dimensi minat beli transaksional, minat beli referensial, minat beli preferensial, dan minat beli eksploratif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei kepada 100 responden yang berada di Jakarta. Hasil pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh product placement Nike Air Jordan 1 dalam film Spiderman: Into the Spider-Verse terhadap minat beli penonton |