Anda belum login :: 23 Jul 2025 16:44 WIB
Detail
BukuAnalisis Makna Pesan Siaran Pers dan Video Tokopedia Sebagai Strategi dan Implementasi Komunikasi Krisis
Bibliografi
Author: Mahardika, Satria Kusuma Fajar (Advisor); Nugraha P, I Gusti Gede Sena
Topik: Semiotika Barthes; Komunikasi Krisis; Apologia; Siaran Pers
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Ilmu Komunikasi - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: I Gusti Gede Sena Nugraha Pratama_Undergraduated Theses_2020.pdf (6.84MB; 100 download)
Abstract
Kehadiran media baru dan media sosialtelah mengubah cara praktisi PR dalam mengimplementasikan strategi komunikasi untuk mengelola suatu krisis yang sedang terjadipadaorganisasi perusahaan. Terdapat berbagai strategi komunikasi untuk merespon krisis dan memulihkan citra organisasi perusahaan salah satunya seperti konsep apologiaDionisopolous dan Vibbert dan konsep image restoration Benoit. Penelitian ini bertujuan untukmenganalisa makna pesan yang terkandung didalam siaran pers Tokopedia dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan dengan menelaah teks siaran pers dan teks video monolog dengan menggunakan metode analisis semiotika Barthes untuk melihat makna pesan yang terkandung didalam teks siaran pers dan teks video monolog.Hasil penelitian menunjukkan makna pesan yang ada pada siaran pers dan video monolog tersebut terdapat beberapa strategi terkait konsep apologia yakni bolstering dan transcedence selain itu pada siaran pers ditemukan makna pesan terkait konsep image restoration yakni mortification dan corrective action, hasil penelitian sekaligus melihat salah satu bentuk implementasi Social Media Release (SMR).
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)