Seiring berjalannya waktu mulai bermunculan isu dan dampak lingkungan yang menyatakan bahwa kondisi lingkungan global semakin memburuk. Perusahaan harus mampu bertahan selama mungkin dalam menghadapi perubahan kondisi eksternal dan internal. Perusahaan yang mampu bertahan adalah perusahaan yang memiliki keberlanjutan (sustainability). Secara teoritis keberlanjutan memberikan kemampuan bagi perusahaannya untuk mempertahankan eksistensinya. Mempertahankan eksistensi berarti mampu bertumbuh seiring menghadapi perubahan yang terjadi di sekitar perusahaan. Maka tujuan dari studi ini adalah menganalisis ketiga aspek dari konsep keberlanjutan yaitu profit, people, dan planet terhadap pertumbuhan perusahaan. Studi ini menggunakan subyek penelitian dari 36 perusahaan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia yang menerima penghargaan PROPER Awards Peringkat Emas, Hijau, dan Biru secara berturut-turut dalam periode tahun 2015 – 2018. Hasil studi ini menemukan bahwa hanya dua aspek dari konsep keberlanjutan yang memiliki pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan perusahaan yaitu profit dan people. Sedangkan untuk penggunaan PROPER Awards untuk mewakili pelaksanaan aspek planet belum memberikan bukti signifikan terhadap pertumbuhan perusahaan. |