Penerimaan diri adalah kemampuan individu untuk menerima dirinya sendiri secara positif yang terkait mampu mengendalikan emosi, berpikir positif dan realistik, mengenal kelebihandan kekurangan diri sendiri, mampu menempatkan diri, optimis dalam menjalani hidup, serta tidak mengharapkan belas kasih orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerimaan diri siswa kelas VIII SMP Strada Bhakti Utama Jakarta Selatan tahun ajaran 2019/2020. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen skala penilaian. Hasil ujicoba instrumen penerimaan diri diperoleh reliabilitas sebesar 0,962 dengan 59 pernyataan yang seluruhnya valid. Analisis data melihat dari persentase (%). Hasil analisis data penerimaan diri siswa kelas VIII SMP Strada Bhakti Utama Jakarta Selatan tahun ajaran 2019/2020 menunjukkan bahwa terdapat 57 siswa (77%) berada pada kategori tinggi, 17 siswa (23%) berada pada kategori sedang, dan tidak ada siswa (0%) berada pada kategori rendah. Komponen penerimaan diri yang memiliki skor tertinggi adalah komponen mampu menempatkan diri dan skor terendah adalah pada komponen mampu mengendalikan emosi. Saran kepada guru BK SMP Strada Bhakti Utama untuk memberikan layanan konseling kelompok untuk meningkatkan penerimaan diri siswa, khususnya pada aspek pengendalian emosi. Saran untuk siswa kelas VIII SMP Strada Bhakti Utama diharapkan dapat mengembangkan cara-cara yang positif dalam mengendalikan emosi. Salah satu strategi yang dapat dilakukan siswa adalah dengan mengikuti layanan konseling kelompok melalui pendekatan realita dengan teknik WDEP (wants, doing, evaluation, planning) untuk dapat mengendalikan emosi secara tepat. |