Anda belum login :: 03 Jun 2025 14:31 WIB
Detail
BukuKecemasan Akademik pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Bibliografi
Author: Wati, Caroline Lisa Setia (Advisor); Sine, Imelda
Topik: Kecemasan Akademik
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext: Imelda Sine_Undergraduated Theses_2020.pdf (1.18MB; 40 download)
Abstract
Kecemasan akademik adalah suatu kondisi yang dialami setiap individu dengan pikiran, perasaan rasa takut dan tidak menyenangkan yang dipicu oleh ketidakyakinan akan kemampuan dalam dirinya sehingga dapat menghambat menyelesaikan tugas akademiknya. Kondisi tersebut nampak pada karakteristik, yaitu pola kecemasan yang dapat menimbulkan aktivitas mental, menurunnya perhatian yang menunjukkan arah yang salah, distres secara fisik dan perilaku yang kurang tepat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kecemasan akademik mahasiswa Prodi BK FPB UNIKA Atma Jaya. Subjek penelitian sebanyak 80 mahasiswa. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen skala penilaian. Analisis data diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dengan rumus persentase. Analisis uji validitas pernyataan skala penilaian menunjukkan bahwa 71 pernyataan dinyatakan valid. Hasil uji realibitas dengan teknik alpha cronbach diperoleh koefisien sebesar 0,948. Hasil penelitian menunjukkan bahwa klasifikasi kecemasan akademik 49 mahasiswa dengan persentase 61,25% berada pada kategori rendah. Klasifikasi kecemasan akademik yang dimiliki angkatan 2017 adalah 14 mahasiswa dengan persentase 58,3%, angkatan 2018 adalah 11 mahasiswa dengan persentase 52,4% dan angkatan 2019 adalah 21 mahasiswa dengan persentase 60%. Kesimpulan dari tiga angkatan masuk kategori rendah. Komponen yang memiliki persentasi paling tinggi (35,2%) adalah komponen perilaku yang kurang tepat. Komponen yang memiliki persentasi paling rendah (3,8%) adalah pola kecemasan yang menyebabkan aktivitas mental. Mahasiswa angkatan 2017, 2018 & 2019 disarankan meminta bantuan kepada dosen BK atau pihak lain jika menerima kesulitan. Peneliti menyarankan agar dosen PA 2017, 2018 & 2019, dosen pengampu tetap mempertahankan kondisi belajar baik internal maupun eksternal. Peneliti selanjutnya dapat menggunakan penelitian ini sebagai sumber referensi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)