Anda belum login :: 03 Jun 2025 05:44 WIB
Detail
BukuMotivasi Belajar Peserta Didik Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Himmata Jakarta
Bibliografi
Author: Pedhu, Yoseph (Advisor); Legowo, Th. Destiandra
Topik: Motivasi Belajar; Pendidikan Nonformal
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext: Th. Destiandra. L_Abstract of Undergraduated Theses_2020.pdf (2.4MB; 28 download)
Abstract
Motivasi belajar adalah daya penggerak psikis pada diri peserta didik yang berasal dari dalam (intrinsik) maupun dari luar (ekstrinsik) untuk menimbulkan kegiatan belajar demi tercapainya tujuan dalam belajar. Motivasi intrinsik meliputi, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, nilai/manfaat dari belajar, memandang positif terhadap kegiatan belajar, dan belajar mandiri. Motivasi ekstrinsik memiliki beberapa indikator, yaitu memenuhi tuntutan PKBM/keluarga, menghindari hukuman, mendapat hadiah, dan mendapat pujian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik yang mengikuti paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Himmata Jakarta. Subjek penelitian berjumlah 38 peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen skala penilaian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dengan rumus persentase. Analisis uji validitas pernyataan instrumen skala penilaian menunjukan terdapat 32 pernyataan yang valid dengan koefisien reliabilitas 0,938. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebanyak 27 peserta didik (71%) memiliki motivasi belajar yang tinggi, 11 peserta didik (29%) berada pada kategori sedang, dan tidak ada peserta didik (0%) berada pada kategori rendah. Komponen yang memiliki persentase tertinggi adalah komponen motivasi intrinsik (70%). Hal ini didukung dengan persentase yang diperoleh dari masing-masing indikator, yaitu sebanyak 73% peserta didik memandang positif terhadap kegiatan belajar dan sebanyak 70% peserta didik mengetahui adanya nilai/manfaat dari kegiatan belajar bagi kehidupannya. Komponen yang memiliki persentase terendah adalah komponen motivasi ekstrinsik (69%). Hal ini didukung dengan persentase yang diperoleh dari masing-masing indikator, yaitu sebanyak 60% peserta didik memiliki motivasi belajar untuk memenuhi tuntutan PKBM/keluarga dan sebanyak 48% peserta didik memiliki motivasi belajar untuk mendapat pujian. Saran yang diberikan untuk para pengajar PKBM Himmata adalah memfasilitasi peserta didik dengan memberikan layanan bimbingan kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran peserta didik terkait pentingnya belajar mandiri. Saran yang diberikan untuk peserta didik PKBM Himmata yang mengikuti paket C adalah mengikuti layanan konseling kelompok yang telah disediakan oleh pihak PKBM Himmata agar mampu meningkatkan kesadaran dalam belajar mandiri.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)