Anda belum login :: 03 Jun 2025 19:40 WIB
Detail
BukuDESAIN CHASSIS MOBIL HEMAT ENERGI TIPE PROTOTYPE DENGAN BAHAN BAKU CARBON FIBER REINFORCED POLYMER
Bibliografi
Author: Gunawan, Harjadi (Advisor); Ramaguna, Benny
Topik: Mobil hemat energi; bobot; chassis; CFRP; kekuatan; ringan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Tugas Akhir Benny Ramaguna 2015-041-081.pdf (3.09MB; 34 download)
Abstract
Kompetisi mobil hemat energi merupakan kompetisi mahasiswa di tingkat nasional yang diselenggarakan oleh RISTEKDIKTI. Dalam perlombaan ini, mobil diharapkan dapat mencapai jarak yang sejauh mungkin dengan konsumsi bahan bakar yang seirit mungkin. Terdapat dua kategori pada perlombaan ini, yaitu konsep urban dan prototype. Untuk mencapai konsumsi bahan bakar yang sekecil mungkin maka salah satu cara adalah mengurangi bobot kendaraan. Utamanya pada tugas akhir ini akan membahas bagaimana desain chassis dengan material Carbon Fiber Reinforced Polymer (CFRP) sehingga terwujudnya chassis yang ringan dengan kekuatan memadai. Chassis akan didesain dengan variasi diameter dan ketebalan lalu chassis tersebut diberikan pembebanan. Simulasi static structural dilakukan dengan menggunakan ANSYS 17.2. Simulasi tersebut menghasilkan data tegangan dan defleksi struktur chassis. Dari hasil simulasi menunjukan bahwa semakin besar diameter luar dan ketebalan akan mengurangi tegangan dan menambah massa chassis.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)