Anda belum login :: 08 Jun 2025 05:11 WIB
Detail
BukuUPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA MELALUI COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS IV E SD TARAKANITA 5
Bibliografi
Author: Agustian, Murniati (Advisor); Palupi, Caecilia Endhar
Topik: Kerjasama; Cooperative Learning
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: CAECILIA ENDHAR PALUPI_Undergraduated Theses 2020.pdf (8.1MB; 15 download)
Abstract
Kerjasama merupakan hal yang penting bagi peserta didik dalam mengenal masing-masing individu yang dilatih melalui kegiatan pembelajaran secara berkelompok saat berada di kelas. Kerjasama merupakan interaksi atau hubungan sosial yang memiliki pandangan yang berbeda dalam kelompok baik perorangan atau kelompok untuk mencapai suatu tujuan yang akan dicapai secara bersama, sehingga peserta didik di dalam kelompok menghasilkan komunikasi yang baik, menghargai perbedaan, dan meningkatkan sikap kerjasama. Dalam aspek kerjasama meliputi beberapa indikator, yaitu percaya diri, santun, peduli, dan jujur. Agar tercapainya suatu kerjasama yang baik di dalam kelompok, peneliti menggunakan model pembelajaran cooperative learning guna meningkatkan sikap kerjasama pada peserta didik di kelas IV SD Tarakanita 5. Model cooperative learning yang digunakan jenis jigsaw, STAD, dan group investigation. Penelitian ini dilakukan secara tiga siklus dengan mengamati peserta didik yang menjadi target dalam kerjasama. Berdasarkan hasil penelitian, siklus I indikator percaya diri, peduli, santun, dan jujur memperoleh peningkatan dengan sikap yang paling menonjol adalah santun sebanyak 13 orang, siklus II sikap yang paling menonjol adalah santun sebanya 13 orang, dan siklus III sikap yang paling menonjol adalah santun sebanyak 17 orang. Hal ini menyatakan bahwa model pembelajaran cooperative learning jenis jigsaw, STAD, dan group investigation dapat meningkatkan sikap kerjasama yang baik oleh antar peserta didik di dalam kelompok sehingga dapat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)