Kesulitan belajar dapat dialami oleh siswa sekolah dasar. Di SD Damai, terdapat seorang siswa kelas V yang mengalami kesulitan belajar mata pelajaran PPKn yang sarat dengan penggunaan bahasa. Kesulitan belajar yang dialami siswa tersebut berkaitan dengan kemampuan membaca pemahaman yang rendah akibat perbendaharaan kata yang terbatas. Teknik jurnal kosakata merupakan salah satu strategi pengembangan perbendaharaan kata yang dapat diterapkan pada siswa kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui penerapan teknik jurnal kosakata pada siswa berkesulitan belajar kelas V SD Damai. Subjek penelitian ini adalah siswi kelas V SD Damai Jakarta Barat yang berjumlah satu orang. Jenis Penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan dengan teknik pengumpulan data tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes siklus I meningkat dari 52 menjadi 64. Sementara pada siklus II hasil tes meningkat dari 56 menjadi 76. Peningkatan hasil tes pada siklus I dibandingkan dengan siklus II juga mengalami peningkatan, yakni dari 12% menjadi 20%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca pemahaman melalui penerapan teknik jurnal kosakata pada siswa berkesulitan belajar kelas V SD Damai dapat meningkat. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disarankan bagi guru yang mendampingi siswa dengan kesulitan belajar, khususnya dengan perbendaharaan kata yang terbatas, dapat menggunakan metode jurnal kosakata untuk meningkatkan pemahaman siswa. Di samping itu, kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mempersiapkan kurikulum khusus untuk memberikan pendampingan bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar. |