Anda belum login :: 04 Jun 2025 12:59 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Pengaruh Ease Of Use, Usefulness, Need For Interaction Dan Risk Terhadap Repurchase Intention Pada Aplikasi Airbnb Dimediasi Oleh Sikap Menggunakan Self-Service Technology
Bibliografi
Author:
Widodo, Yohanes Eko
(Advisor);
Pradigdo, Alfonsus Widyo
Topik:
Pemasaran Jasa
;
Sikap
;
Online Travel Agent
;
Self-service Technology
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2019
Jenis:
Theses - Master Thesis
Fulltext:
Alfonsus Widyo_Master Theses_2019.pdf
(4.32MB;
20 download
)
Abstract
Industi perhotelan atau hospitality saat ini sudah tidak bisa dipisahkan oleh teknologi. Self-service technologi (SST) menjadi salah satu alternatif industri tersebut dalam melakukan pemasaran produknya. Salah satu yang teliti dalam penilitian ini adalah SST Online Travel Agent yang bernama Airbnb. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah keputusan penggunaan online travel agent Airbnb dipengaruhi kemudahan penggunaan (ease of use) , Kegunaan (usefulness) , kebutuhan berinteraksi (need for interaction) dan risiko (risk) yang dimediasi oleh sikap terhadap penggunaan Self-service teknologi. Penelitian ini meneliti pengguna Airbnb pada penginapan SKP Homestay , property management yang menyediakan penginapan apartemen di daerah Jakarta. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel probabilitas (probability sampling) dengan teknik pengambilan sampel random sederhana (simple random sampling) dan didapatkan jumlah responden sebanyak 192 responden. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis asumsi SEM , uji reliabilitas gabungan (composite reliability), uji validitas dengan analisis faktor konfirmatori dan analisis struktural dengan bantuan program Lisrel 8.8 Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kemudahan penggunaan dan Kegunaan berpengaruh positif terhadap keputusan menggunakan OTA Airbnb sedangkan faktor kebutuhan berinteraksi dan risiko berpengaruh negatif terhadap keputusan menggunakan OTA Airbnb. Hasil lainnya dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel risiko yang paling besar mempengaruhi keputusan customer dalam penggunaan OTA Airbnb. Hasil temuan terkait variabel mediasi adalah kontribusi keempat variabel terhadap Sikap terhadap SST mencapai 40%. Adapun Sikap terhadap (SST) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menggunakan Online Travel Agent dengan kontribusinya mencapai 56%.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)