Anda belum login :: 23 Jul 2025 16:47 WIB
Detail
BukuPengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Terhadap Pendidikan Seksual Pada Ibu Yang Memiliki Anak Remaja Dengan Intellectual Disability
Bibliografi
Author: Pandia, Weny Savitry S. (Advisor); Wirastari, Maria (Advisor); Sely, Jessica Clementine
Topik: Pendidikan seksual; Intellectual disability; Ibu; Pengetahuan; Sikap; Perilaku
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2019    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext: Jessica Clementine Sely_Undergraduate Theses_2019.pdf (757.79KB; 19 download)
Abstract
Remaja merupakan masa transisi yang terjadi dari anak menuju dewasa.Peran ibu dalam memberikan Pendidikan Seksual bagi anak, khususnya anak ID sangat penting. Hal tersebut dikarenakan ibu memiliki pengaruh yang cukup dominan bagi pendidikan anak. Oleh sebab itu, maka pengetahuan, sikap, serta perilaku yang dimiliki ibu terhadap Pendidikan Seksual perlu diperhatikan. Pengetahuan merupakan konsep yang disimpan dalam memori otak manusia dan terjadi karena adanya pengetahuan yang disadari dan dipertahankan oleh individu. Sikap merupakan hasil evaluasi atau penilaian individu terhadap suatu hal. Perilaku adalah penerapan dari pengetahuan atau aturan yang dilakukan dalam tindakan nyata dan dapat diamati. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat gambaran pengetahuan, sikap, serta perilaku ibu yang memiliki anak remaja ID terhadap Pendidikan Seksual. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan tiga alat ukur, yakni Alat Ukur Pengetahuan (21 item), Alat Ukur Sikap (16 item), dan Alat Ukur Perilaku (22 item). Partisipan penelitian didapatkan melalui convenience sampling dengan karakteristik ibu yang memiliki anak remaja ID usia 13-17 tahun. Data yang terkumpul adalah sebanyak 72 partisipan dan dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ibu yang memiliki anak remaja ID berusia 13-17 tahun paling banyak memiliki pengetahuan mengenai pendidikan seksual yang tergolong sangat tinggi, yaitu sebesar 33,3%, sikap pada pendidikan seksual yang tergolong sangat positif 52,8%, dan perilaku pada pemberian pendidikan seksual kepada anak yang tergolong sangat tinggi 44,4%. Ditemukan pada beberapa partisipan turut mengalami kesulitan dalam memberikan pendidikan seksual kepada anaknya. Namun, dengan pengetahuan serta sikap yang baik, mereka tetap memberikan pendidikan seksual tersebut secara berulang dan konsisten kepada anak. Dengan begitu, dapat dikatakan dari pengetahuan, sikap, dan perilaku sama-sama ditemukan skor yang paling banyak terdapat pada kategori sangat baik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.125 second(s)