Anda belum login :: 18 Apr 2025 15:25 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan Antara Pemakaian Smartphone Untuk Bermain Game Dengan Terjadinya Tenosinovitis De Quervain Pada Mahasiswa Preklinik Fakultas Kedokteran UNIKA Atma Jaya
Bibliografi
Author:
Suryakusuma, Linda
(Advisor);
Darmawan, Octavianus
(Advisor);
Sylvana, Karina
;
Winaga, Handriadi
(Examiner)
Topik:
de Quervain
;
game
;
smartphone
;
tenosinovitis
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Sarjana Kedokteran - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2019
Jenis:
Theses - Karya Tulis Ilmiah Kedokteran (KTI-FK) - Registration of Karya Tulis Ilmiah Kedokteran
Fulltext:
Karina Sylvana_RegKTI_2019.pdf
(675.02KB;
21 download
)
Abstract
Pendahuluan: Tenosinovitis de Quervain adalah nyeri akibat penebalan tendon abductor pollicis longus (APL) dan tendon extensor pollicis brevis (EPB). Walaupun belum banyak dikenal, namun tenosinovitis de Quervain memiliki prevalensi tinggi yaitu 72% pada usia 18-25 tahun. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi terjadinya tenosinovitis de Quervain salah satunya adalah penggunaan smartphone untuk bermain game.
Metode: Merupakan penelitian deskriptif analitik dengan desain potong lintang terhadap 120 mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran UNIKA Atma Jaya. Analisis dilakukan dengan uji Chi-square dan Fisher’s exact menggunakan SPSS.
Hasil: Durasi bermain game (p<0,001), genre game (p<0,001) dan rasio layar smartphone (p=0,007) memiliki hubungan dengan insidensi tenosinovitis de Quervain sedangkan ukuran layar smartphone (p=0,830), berat smartphone (p=0,545), dan penggunaan joystick tambahan (p=0,098) tidak memiliki hubungan dengan insidensi tenosinovitis de Quervain
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara durasi bermain game, genre game analog, dan rasio layar smartphone untuk bermain game dengan insidensi terjadinya tenosinovitis de Quervain pada mahasiswa preklinik fakultas kedokteran UNIKA Atma Jaya.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)