Dunia teknologi di bidang komunikasi dan informasi terus mengalami perubahan dan perkembangan yang sangat cepat. Perubahan ini kemudian mempengaruhi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang ditandai dengan beragam inovasi yang terus menerus bermunculan. Inovasi teknologi informasi dan komunikasi inilah yang meningkatkan efisiensi media konvensional sehingga mendorong kemunculan berbagai media baru / media online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media digital perusahaan PT. Kompas Cyber Media dalam meningkatkan minat baca generasi Z. Teori yang digunakan adalah teori media baru yang meliputi interkonektivitas, akses terhadap khalayak individu sebagai penerima maupun pengirim pesan, interaktivitas, kegunaan yang beragam sebagai karakter yang terbuka dan sifatnya dimana-mana dan minat baca yang meliputi dorongan dari dalam individu, motif sosial dan emosional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mewawancarai informan karyawan kompas.id dan informan generasi Z. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah media digital perusahaan PT. Kompas Cyber Media dari sisi interkonektivitasnya sudah cukup baik, karena media kompas.id telah mewujudkan strategi media baru khusus dalam media digital. Strategi Kompas khususnya media baru dari sisi interaktivitasnya sudah cukup baik, akses terhadap khalayak individu sebagai pengirim pesan sudah cukup baik, media media baru kompas telah mempersiapkan untuk menjadi kegunaan yang beragam sebagai karakter terbuka sudah baik, media kompas telah memiliki strategi media baru yang cukup baik untuk para pembaca khususnya generasi Z yang sudah memiliki rasa ingin menggali informasi dari konten yang di tampilkan dalam media digital kompas |