Pada era informasi saat ini, dibutuhkan sistem pengukuran kinerja yang menilai perusahaan tidak hanya dari sisi keuangan saja. Oleh karena itu, perusahaan dapat menggunakan metode Balanced Scorecard, yang diperkenalkan oleh Kaplan dan Norton, yang menilai kinerja perusahaan dari empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penulis mencoba untuk menerapkan metode balanced scorecard ini sebagai suatu sistem pengukuran kinerja pada PT Sinar Eka Selaras. Dalam menganalisa kinerja dengan perspektif keuangan, proses bisnis internal penulis menggunakan data selama tahun 2015 sampai 2018 sedangkan untuk perspektif lainnya, penulis menggunakan kuesioner. Dari hasil analisa, kinerja PT Sinar Eka Selaras pada perspektif keuangan dinilai memuaskan, penilaian kinerja perusahaan pada perspektif pelanggan dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dinilai cukup memuaskan. Pada perspektif proses bisnis internal, kinerja perusahaan dinilai memuaskan. Dari seluruh hasil analisa yang diperoleh maka kinerja PT Sinar Eka Selaras dapat dinilai cukup memuaskan dan semua hal itu akan di masuk kan kedalam peta strategi (strategic map). Kata kunci : Pengukuran kinerja, perspektif, peta strategi |