Anda belum login :: 02 Jun 2025 03:13 WIB
Detail
BukuAnalisis Kualitas Pelayanan Service Projector dengan Pendekatan Lean Six Sigma (Studi Kasus: PT. Indovisual Presentatama)
Bibliografi
Author: Sukwadi, Ronald (Advisor); Gunawan, David Putra
Topik: Waste; Lean; Six Sigma; Lean Six Sigma; Service.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2019    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: TUGAS AKHIR DAVID_2015043048.pdf (3.33MB; 24 download)
Abstract
Perusahaan yang menyediakan pelayanan jasa mempunyai potensi akan terjadinya waste. Terkadang perusahaan tidak memperhatikan adanya non-value added activity dalam proses kerjanya. Salah satunya ada di PT. Indovisual Presentatama ini yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam penjualan projector dan juga service center untuk projector yang dinamakan Indovisual Service Solutions. Penelitian ini akan lebih berfokus kepada kegiatan Service Projector karena pada service center ini terdapat permasalah dari ketidakpuasan customer akan kecepatan pelayanan di Indovisual Service Solutions. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi waste pada pelayanan jasa perusahaan menggunakan konsep Lean dan dari hasil analisa dapat mealkukan perancangan usulan perbaikan untuk mengurnagi waste berdasarkan konsep DMAIC pada Six Sigma. Hasil level Sigma yang didapatkan ini dapat dilihat dari level Sigma 2,76 kualitas service yang diberikan dan level sigma 2,93 atas tingkat kepuasan customer yang melakukan service projector dimana hasil analisa dan pengamatan menunjukkan bahwa proses yang kritis berada pada analisa unit dan service unit. Usulan perbaikannya adalah dengan memberlakukan SOP tertulis untuk pembekalan knowledge engineer dan membuat peraturan tertulis mengenai pekerjaan ganda yang sering dilakukan engineer. Selain itu usulan perbaikan terakhir adalah dengan menambahkan jumlah engineer karena saat ini jumlah engineer dinilai masih kurang. Hasil yang didapatkan jika melakukan implementasi ini adalah dapat menaikkan service efficiency dari 15,33 % menjadi 26,05 % dimana usulan ini dinilai cukup efektif. Saran yang dapat disampaikan peneliti adalah usulan ini merupakan rekomendasi yang dapat dipilih perusahaan untuk menjalankannya ataupun tidak, tetapi sebaiknya perusahaan melakukan penambahan tenaga kerja karena utilitas tenaga kerja pada kondisi sekarang ini masih sangat tinggi sehingga perlu dilakukan penambahan tenaga kerja.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)