Kondisi belajar adalah suatu situasi belajar (learning situation) yang dapat menghasilkan perubahan perilaku (performance) pada seseorang yang setelah ia ditempatkan pada situasi tertentu. Kondisi belajar terbagi dua yaitu kondisi belajar internal dan kondisi belajar eksternal. Kondisi belajar memegang peran penting dalam menunjang tercapainya keberhasilan dalam proses belajar dan pembelajaran bagi siswa. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus yang bertujuan untuk menggambarkan kondisi belajar satu siswa kelas VII SMP Kristoforus I yang mengalami hambatan akademik. Teknik yang pengumpulan data yang digunakan ialah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada kondisi internal psikologis dan kondisi eksternal lingkungan belum mampu dengan optimal dalam menunjang kondisi belajar subjek NV. Pada kondisi internal fisiologis dan kondisi eksternal instrumental sudah mampu berlangsung dengan baik dan optimal. Dari kondisi internal dan kondisi eksternal masing-masing terdapat kondisi yang belum optimal dalam pelaksanaannya. Peneliti berharap semoga hasil penelitian ini dapat bermanfaat kepada Guru Wali kelas, Guru Bimbingan dan Konseling serta kepada Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. |