Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi Public Relations RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta dalam membentuk citra. Teori yang digunakan oleh Peneliti dalam penelitian ini adalah teori Komunikasi Organisasi, Public Relations, Strategi Public Relations, dan Citra. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam (indepth interview) dengan lima narasumber dan studi dokumentasi yang diperoleh dari website dan juga media sosial RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Analisis hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi PR yang dilakukan dalam membentuk citra adalah dengan mempublikasikan kegiatan- kegiatan rumah sakit, mengutamakan keselamatan dan ketepatan pengobatan terhadap pasien, selalu memberikan informasi terbaru melalui media sosial dan press realease, serta pelayanan baik yang diberikan oleh rumah sakit kepada pasien. Citra yang terbentuk dalam masyarakat sesuai dengan citra yang diharapkan oleh PR rumah sakit yaitu citra current image dan wish image.Kata kunci: empati, teman berkebutuhan khusus, sistem pendidikan inklusi. |