Perkembangan teknologi membuat persebaran dan penerimaan informasi di publik menjadi lebih cepat. Salah satu sumber publik mendapatkan informasi adalah media massa online. BBC.com sebagai salah satu media massa bertaraf internasional yang juga beroperasi di Indonesia memberitakan tentang sebuah kasus yang sempat ramai dibicarakan publik yaitu kasus pelarangan tayang iklan ‘Blackpink’ Shopee oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti pengaruh dari pemberitaan BBC.com terkait kasus tersebut terhadap pembentukan citra KPI di kalangan generasi millenial DKI Jakarta. Variabel X penelitian ini adalah pemberitaan media massa online dengan dimensi aktual, faktual, penting dan menarik. Sedangkan variabel Y adalah pembentukan citra dengan dimensi persepsi, kognisi, motivasi, dan sikap. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang merupakan penduduk DKI Jakarta dalam rentang usia 20-39 tahun. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pemberitaan media massa online BBC.com berpengaruh sedang, positif dan signifikan terhadap pembentukan citra KPI. |