Anda belum login :: 23 Jul 2025 11:33 WIB
Detail
BukuKontribusi Role-Construction dan Self-Efficacy pada Ibu Bekerja terhadap Keterlibatannya dalam Pendidikan Anak 4-6 Tahun
Bibliografi
Author: Hendriati, Agustina (Advisor); Nadya, Christie ; Jane, Griselda (Advisor)
Topik: Role-Construction; Self-Efficacy; Ibu Bekerja; Keterlibatan dalam Pendidikan; Anak 4-6 Tahun.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2019    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Christie Nadya_Undergraduated Theses_ 2019.pdf (728.04KB; 26 download)
Abstract
Anak berusia empat hingga enam tahun termasuk sebagai anak usia dini, di mana pada masa tersebut sedang terjadi perkembangan yang pesat di semua aspek. Untuk mendukung proses perkembangan tersebut, anak harus mendapat arahan yang tepat salah satunya melalui pendidikan. Pendidikan tidak dapat berjalan maksimal tanpa adanya keterlibatan orangtua di dalamnya. Salah satu yang menjadi tantangan orangtua untuk terlibat adalah adanya tuntutan hidup keluarga yang semakin besar, sehingga membuat ibu juga harus bekerja guna memenuhi kebutuhan keluarga. Keterlibatan orangtua ditentukan oleh parental role-construction dan parental self-efficacy. Oleh sebab itu ibu bekerja perlu memiliki role-construction dan self-efficacy agar mampu terlibat dalam pendidikan anaknya ditengah peran gandanya. Saat ini belum diketahui bagaimana parental role-construction dan parental self-efficacy pada para ibu bekerja, serta bagaimana kontribusinya terhadap keterlibatan mereka dalam pendidikan anaknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kontribusi role-construction pada ibu bekerja terhadap keterlibatannya dalam pendidikan anak 4-6 tahun dan melihat kontribusi self-efficacy pada ibu bekerja terhadap keterlibatannya dalam pendidikan anak 4-6 tahun. Partisipan penelitian ini adalah 50 ibu bekerja yang memiliki anak 4-6 tahun sedang menjalani pendidikan dan berdomisili di DKI Jakarta. Peneliti mendapatkan partisipan dengan teknik convenience sampling. Peneliti menggunakan alat ukur 10-items Parental Role-Construction for Involvement in the Child’s Education, 7-items Parental Self-Efficacy for Helping the Child Succeed in School, dan 10-items Parent’s Involvement in Home-Based and School-Based Activities, serta melakukan uji regresi linear. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa parental role-construction ibu bekerja berkontribusi secara signifikan terhadap keterlibatannya dalam pendidikan anak 4-6 tahun. Sementara parental self-efficacy ibu bekerja tidak berkontribusi secara signifikan terhadap keterlibatannya dalam pendidikan anak 4-6 tahun. Hal ini terjadi karena ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan kembali dan menjadi bahan diskusi. Peneliti menawarkan beberapa saran untuk penelitian selanjutnya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.265625 second(s)