Anda belum login :: 28 Apr 2025 20:50 WIB
Detail
BukuGambaran Sikap Peran Gender Orangtua Etnis Tionghoa Peranakan di Jakarta terhadap Kesetaraan Pendidikan Tinggi Anak Perempuan
Bibliografi
Author: Setiadi, Bernadette N. (Advisor); Agatha, Ruth Irene
Topik: Sikap; Peran Gender; Pendidikan; Anak Perempuan; Etnis Tionghoa
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2019    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Ruth Irene Agatha_Undergraduate Theses_2019.pdf (1.87MB; 30 download)
Abstract
Keluarga etnis Tionghoa Totok yang memiliki budaya patriarki melihat pendidikan hanyalah hak anak laki-laki sedangkan anak perempuan difokuskan pada mengurus pekerjaan rumah tangga. Di sisi lain keluarga Tionghoa peranakan memiliki budaya lebih demokratis dan melihat kedudukan anak perempuan lebih setara dengan laki-laki. Namun kedudukan yang setara tidak serta merta diikuti dengan pandangan bahwa anak perempuan perlu menempuh pendidikan tinggi. Ada orangtua yang mendukung, namun masih ditemukan orangtua yang tidak mendukung pendidikan tinggi anak perempuannya. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah mendapat gambaran sikap peran gender orangtua Tionghoa peranakan terkait kesetaraan kesempatan anak perempuan untuk menempuh pendidikan tinggi. Variabel penelitian ini adalah sikap dan peran gender. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan bersifat deskriptif. Alat yang digunakan adalah kuesioner sikap peran gender, terdiri dari 26 item dan dibuat oleh peneliti. Rentang validitas adalah 0.361-0.840 dan nilai reliabilitas Cronbach Alpha adalah 0.935. Sampel berjumlah 102 subjek, diperoleh dengan teknik convenient sampling. Karakteristik partisipan adalah pasangan menikah sesama etnis Tionghoa peranakan dan memiliki sepasang anak laki-laki dan perempuan yang berada di bangku sekolah menengah atas. Hasil penelitian menunjukkan orangtua etnis Tionghoa peranakan memiliki sikap peran gender egaliter. Berdasarkan faktor jenis kelamin dan usia, tidak ada perbedaan sikap peran gender. Juga ditemukan adanya perbedaan sikap peran gender yang dimiliki antar orangtua Tionghoa peranakan yang memiliki pendidikan SMA ke atas dengan yang SMA ke bawah, dan adanya perbedaan sikap peran gender pada aspek kognitif antara orangtua yang berpendapatan di atas 10 juta dan di bawah 10 juta per bulan. Sikap peran gender egaliter ini antara lain disebabkan oleh semakin besarnya peranan perempuan di dalam keluarga.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)