Anda belum login :: 27 Apr 2025 13:33 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Gambaran Persepsi Guru Tentang Motivasi Belahar Siswa dan Gaya Mengajar Guru Terhadap Siswa Zonasi (Penelitian pada Guru di SMAN "x")
Bibliografi
Author:
Purwanti, Margaretha
(Advisor);
Dewintha, Rizka
Topik:
Persepsi
;
Motivasi Belajar
;
SMAN
;
PPDB Zonasi
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2019
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
2012070197, RIZKA DEWINTHA, Dr. MARGARETHA PURWANTI, M.Si., PSIKOLOG, GAMBARAN PERSEPSI GURU TENTANG MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP SISWA ZONASI, 23 AGUSTUS 2019.pdf
(525.89KB;
24 download
)
Abstract
Mulai tahun ajaran 2018-2019, Kementerian Pendidikan dan Budaya menerapkan sistem zonasi dalam seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada tingkat SMAN. Penerapan peraturan baru ini memunculkan perbedaan karakteristik siswa pada SMAN terutama SMAN unggulan. Peneliti terdorong untuk melihat bagaimana persepsi guru tentang motivasi belajar siswa dan bagaimana gaya mengajar guru di SMAN. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu persepsi tentang motivasi dan gaya mengajar. Persepsi tentang motivasi adalah interpretasi guru tentang informasi yang diterima terkait motivasi belajar siswa di kelas. Gaya mengajar adalah pendekatan dan perilaku yang guru lakukan pada siswa di kelas. Penelitian ini mengacu pada teori yang dikembangkan oleh Deci dan Ryan (1985) yaitu gaya mengajar motivating style. Alat ukur persepsi tentang motivasi bernama Perception of Student Motivation (PSM) yang dikembangkan oleh Davis, Hardre, dan Sullivan (2008), serta alat ukur gaya mengajar bernama Problem in School (PIS) yang dikembangkan oleh Deci, Schwartz, Sheinman, dan Ryan (1981). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang menggambarkan persepsi guru SMAN “X” tentang motivasi belajar siswa zonasi dan gaya mengajar yang diterapkan guru SMAN “X”. Alat ukur persepsi guru tentang motivasi belajar siswa memiliki 7 item dan alat ukur gaya mengajar memiliki 15 item, kedua alat ukur sudah melewati uji validitas dan uji reliabilitas. Partisipan penelitian ini adalah guru SMAN “X” yang pada tahun ajaran 2018-2019 mengajar siswa zonasi, dan pernah mengajar siswa angkatan sebelumnya. Guru SMAN “X” yang menjadi partisipan penelitian ini sejumlah 24 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru SMAN “X” memiliki persepsi tertentu tentang motivasi belajar siswa, yaitu motivasi belajar siswa rata-rata. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa gaya mengajar guru SMAN “X” adalah moderately autonomy-supportive. Hasil tambahan penelitian menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara persepsi guru tentang motivasi belajar siswa dengan gaya mengajar guru.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.109375 second(s)