Anda belum login :: 04 May 2025 09:15 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Perbedaan Social Skills Anak di Taman Kanak-kanak dengan Metode Pembelajaran Teacher-centered dan Student-centered
Bibliografi
Author:
Hendriati, Agustina
(Advisor);
Oustina, Stefani
;
Jane, Griselda
(Advisor)
Topik:
Social Skills
;
Social Skills Scale
;
Metode Pembelajaran Teacher-Centered Dan Student-Centered
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2019
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Stefani Oustina_Undergraduate Theses_2019.pdf
(525.73KB;
7 download
)
Abstract
Metode pembelajaran yang diberikan di sekolah dapat menjadi faktor yang mempengaruhi social skills dalam perkembangan anak. Berdasarkan berbagai penelitian diketahui bahwa interaksi dalam metode pembelajaran student-centered lebih mempengaruhi keterampilan anak khususnya dalam hal berpartisipasi serta kerjasama di dalam kelompok dibandingkan metode teacher-centered. Meskipun demikian, penelitian mengenai perkembangan social skills anak dilihat dari metode pembelajaran di TK yang diberikan masih sangat sedikit. Sedangkan, social skills penting untuk dikuasai dan dikembangkan karena dapat membantu individu untuk beradaptasi serta berkomunikasi secara efektif dengan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah apakah terdapat perbedaan social skills anak berdasarkan metode pembelajaran di TK. Terdapat 29 anak usia 4-6 tahun di TK dengan teacher-centered dan 33 anak usia 4-6 tahun di TK dengan student-centered yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Instrumen screening untuk metode pembelajaran dibuat dari tabel perbandingan metode pembelajaran Arends, sedangkan Social Skills Scale diadaptasi dari Anme et al. yang mengukur tiga subskala yaitu Cooperation, Self-control, dan Assertion. Instrumen diisi oleh observer yang sudah terlatih. Analisis statistik dengan Mann-Whitney U Test. Hasil dari pengujian statistik menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada skor social skills anak berdasarkan metode pembelajaran di TK. Hasil perbedaan yang signifikan hanya terdapat pada subskala Cooperation dan hasilnya lebih tinggi pada TK dengan metode teacher-centered. Pembahasan hasil dilakukan berdasarkan isu perbedaan situasi metode pembelajaran teacher-centered dan student-centered. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyampaikan beberapa saran terkait penelitian mengenai social skills dan metode pembelajaran.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.046875 second(s)