Anda belum login :: 11 May 2025 09:10 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh Tayangan Media Politainment terhadap Emosi Penonton
Bibliografi
Author:
Adinugroho, Indro
(Advisor);
Danurdana, Pandu
Topik:
kampanye
;
media
;
entertainment
;
politainment
;
emosi
;
core affect
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2019
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Pandu Danurdana_Undergraduate Theses_2019.pdf
(1.58MB;
30 download
)
Abstract
Perkembangan dunia informasi dan komunikasi dalam masyarakat memberikan banyak dampak terhadap iklim politik kontemporer. Maraknya penggunaan media gratis seperti media sosial dan berita mendorong munculnya metode baru dalam kampanye politik yang dinamakan politainment. Metode ini mendorong seorang kandidat politik untuk menunjukkan dirinya dan kenyataan dalam dunia politik seperti halnya sebuah penampilan yang menghibur. Metode politainment dapat dinilai efektif karena penggunaan konsep dan pendekatan entertainment dalam kampanye politik dapat memunculkan emosi pada individu yang menontonnya, yang kemudian dapat mempengaruhi bagaimana individu kecenderungan perilaku individu tersebut dalam kegiatan politik. Melihat hal ini, peneliti ingin melihat pengaruh penggunaan unsur politainment dalam media terhadap emosi yang muncul pada individu yang menontonnya berdasarkan teori emosi core affect. Penemuan dalam hasil tersebut dapat menggambarkan efektivitas metode politainment sebagai salah satu metode kampanye politik yang dapat digunakan partai atau kampanye politik. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama menggunakan kajian teoritis penelitian dan penyusunan kontrol penelitian untuk menentukan kumpulan tayangan berita yang dapat dinilai memiliki unsur politainment tinggi dan rendah. Tayangan tersebut kemudian ditunjukkan dan dinilai partisipan dalam tahap kedua untuk memilih tayangan berita dengan unsur politainment tertinggi dan terendah berdasarkan teori entertainment dalam media. Pada tahap ketiga, partisipan dibagi dalam dua kelompok dan ditunjukkan salah satu video yang dipilih dalam tahap sebelumnya, antara video dengan unsur politainment tertinggi atau terendah. Emosi yang muncul pada setiap partisipan diukur menggunakan alat ukur berdasarkan teori emosi core affect dan dibandingkan diantara kedua kelompok. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penggunaan unsur politainment dalam tayangan berita meningkatkan munculnya emosi negatif dengan tingkat arousal tinggi pada individu yang menontonnya. Ditemukan rata-rata munculnya emosi dalam dimensi negative activation dalam kelompok treatment lebih tinggi dibandingkan dalam kelompok kontrol. Hasil ini tidak mendukung efektivitas metode politainment sebagai metode kampanye politik dan implikasi hasil penelitian didiskusikan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)