Media massa memiliki peran penting dalam penyampaian informasi kepada masyarakat. Surat kabar, film, radio, dan televisi merupakan alat-alat komunikasi yang membantu proses penyebaran informasi secara serempak pada masyarakat. MacroAd DOOH dengan produk populernya, yaitu TVC, merupakan salah satu brand dari PT Pulau Pulau Media yang menyediakan jasa periklanan publik (out-of-home advertising) dalam bentuk TVC yang ditempatkan pada rangkaian KRL Commuterline Jabodetabek dan dapat memaparkan informasi kepada seluruh penumpang KRL Commuterline. Penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari iklan pada TVC MacroAd yang ditempatkan di KRL Commuterline jurusan Parung Panjang – Tanah Abang terhadap tindakan penumpang (keputusan pembelian). Melakukan pendekatan kepada 100 orang responden sebagai sampel, penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa terpaan iklan pada TVC MacroAd KRL Commuterline berpengaruh terhadap tindakan penumpang (keputusan pembelian). |