Kampanye adalah upaya yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang untuk menamankan ide, sikap, perilaku yang diinginkan oleh pelaku kampanye. Dengan zaman yang semakin modern, berbagai kampanye dilakukan di media sosial untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Salah satu kampanye yang viral di Twitter adalah “Tumpuk di Tengah” yang menggunakan tagar #TumpukDiTengah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kampanye “Tumpuk di Tengah” dengan dimensi sources, message, channel, receiver, dan the intent terhadap perubahan perilaku berdasarkan Tricomponent Attitude Model yang terdiri dari dimensi kognitif, afektif, dan konatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Peneliti melakukan penyebaran kuesioner secara online kepada 100 responden yang merupakan mahasiswa Unika Atma Jaya. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan analisis regresi linear sederhana dengan hasil terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kampanye “Tumpuk di Tengah” terhadap perubahan perilaku berdasarkan Tricomponent Attitude Model. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang terjadi mencapai tingkat konatif pada variabel perubahan perilaku berdasarkan Tricomponent Attitude Model karena banyak yang melakukan gerakan “Tumpuk di Tengah” setelah mengetahui kampanye ini dari Twitter. |