Anda belum login :: 13 Jun 2025 17:11 WIB
Detail
BukuPeningkatan Kemampuan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Pengunaan Bahan Ajar di Kelas IV SDN Pondok Aren 04.
Bibliografi
Author: Rahmawati, Magdalena Chori (Advisor); Sitorus, Novia Tamala
Topik: Bahasa Indonesia; Membaca Pemahaman; Penggunaan Bahan Ajar; Penelitian Tindakan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2019    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Novia Tamala Sitorus_Undergraduate_Theses_2019.pdf (4.23MB; 49 download)
Abstract
Membaca merupakan cara untuk mendapatkan informasi yang termasuk dalam kategori tidak langsung. Siswa kelas IV sedang ditempuh proses membaca yaitu pada tingkat membaca pemahaman . Siswa kelas IV terlihat sulit untuk memahami bacaan yang ada pada buku maupun teks cerita. Oleh karena itu, dibutuhkan buku atau teks untuk membaca pemahaman yang sesuai dengan kebutuhan anak dikelas IV dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di kelas IV. Peneliti membuat bahan ajar untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca menggunakan buku teks bacaan cerpen sebagai buku latihan tambahan untuk membantu siswa dalam keterampilan membaca pemahaman. Sesuai dengan objek penggunaan buku, yaitu siswa kelas IV SD, maka desain buku ini dibuat sederhana dan penuh dengan gambar agar menarik dalam membaca bagi siswa. Bagian isi pada buku latihan ini disusun berdasarkan penelitian tindakan agar meningkatkan kemampuan keterampilan membaca pemahaman di dalam kelas. Peneliti melakukan tindakan dengan menggunakan model Stringer untuk mengetahui langkah-langkah dalam melakukan penelitian tindakan. Pada buku yang dirancang oleh peneliti menampilkan kegiatan-kegiatan yang melatih khususnya dalam membaca pemahaman. Buku yang telah dirancang untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca telah di validasi oleh ahli desain bahan ajar, ahli materi dan Bahasa. Tindakan dilakukan kepada tiga orang siswa kelas IV SD yang masih mengalami kesulitan dalam keterampilan membaca pemahaman. Bahan ajar buku latihan membaca pemahaman dengan penelitian sebagai buku non-teks pelajaran untuk membantu siswa mempelajari keterampilan membaca pemahaman dan buku ini dapat dipakai di luar jam pelajaran sebagai kegiatan pengayaan, maupun dipakai di dalam kelas saat jam khusus dan harus didampingi oleh guru.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)