Anda belum login :: 13 May 2025 03:17 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran pada Tahapan Belajar Bruner Terhadap Pemahaman Konsep Operasi Pecahan Siswa Kelas V SD Santo Kristoforus I
Bibliografi
Author:
Budhayanti, Clara Ika Sari
(Advisor);
Surya, Firlyanda
Topik:
Media Pembelajaran
;
Pemahaman Konsep
;
Operasi Pecahan
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2019
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Firlyanda Surya_Undergraduate Theses_2019.pdf
(12.32MB;
79 download
)
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa karena materinya yang bersifat abstrak. Sifat abstrak tersebut seringkali membuat siswa merasa kesulitan dalam memahami konsep matematika. Untuk itulah diperlukan adanya media pembelajaran dalam pembelajaran matematika yang bertujuan agar siswa lebih memahami konsep matematika sehingga tingkat pemahaman konsep yang dimiliki siswa menjadi lebih baik. Media pembelajaran itu sendiri adalah segala sesuatu yang dapat dijadikan sebagai perantara atau penyalur pesan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran pada tahapan belajar Bruner terhadap pemahaman konsep operasi pecahan siswa kelas V SD Santo Kristoforus I. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Santo Kristoforus I, yaitu kelas VA yang terdiri dari 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas kontrol. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan bentuk penelitian true experimental design yaitu post-test only control design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes pemahaman konsep, sedangkan teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat pemahaman konsep antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 14%. Terdapat pula perbedaan nilai rata-rata sebesar 13,87 poin, yaitu pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 70,76 sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 84,63. Pada hasil uji t menggunakan IBM SPSS Statistic 23 diperoleh t hitung sebesar 11,150 di mana angka tersebut lebih besar dari t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat pemahaman konsep kelas kontrol dan kelas eksperimen sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran pada tahapan belajar Bruner berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)