Anda belum login :: 23 Jul 2025 11:00 WIB
Detail
BukuKOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR INKLUSI DI SDN 01 PAGI BENDUNGAN HILIR
Bibliografi
Author: Elisabeth, Carlita ; Bambang, Gregorius (Advisor)
Topik: Guru; Kompetensi Pedagogik Guru; Pendidikan Inklusi; Peserta Didik Berkebutuhan Khusus.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2019    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Carlita Elisabeth_Undergraduate Theses_2019.pdf (2.34MB; 28 download)
Abstract
Kompetensi pedagogik guru mempunyai peranan penting dalam proses kegiatan pembelajaran di kelas. Guru tidak hanya dituntut untuk mengajar dan mendidik di kelas, tetapi juga guru perlu memahami setiap karakteristik yang dimiliki peserta didik khususnya peserta didik berkebutuhan khusus. Pendidikan formal yang disediakan bagi peserta didik berkebutuhan khusus adalah pendidikan inklusi. Pendidikan inklusi sebagai tempat belajar bagi peserta didik berkebutuhan khusus untuk belajar bersama dengan anak pada umumnya dan juga sebagai tempat untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aplikasi kompetensi pedagogik guru khususnya di Sekolah Dasar inklusi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas yang berkompeten yaitu guru kelas I sampai dengan guru kelas V. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh seorang guru yang berkompeten telah diaplikasikan dengan baik penerapannya dalam proses kegiatan pembelajaran di Sekolah Dasar inklusi. Selain itu, guru juga sudah merancang dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang ada dan menggunakan silabus sebagai pedoman guru dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas. Metode dan strategi yang digunakan guru dalam mengajar di Sekolah Dasar inklusi juga bervariatif sesuai dengan karakteristik peserta didik yang berbeda-beda. Beberapa guru juga terlihat sudah mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sumber belajar untuk peserta didik. Guru memberikan perhatian yang baik kepada masing-masing peserta didik dalam mengajar dan mendidik di Sekolah Dasar inklusi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)