Anda belum login :: 23 Jul 2025 17:00 WIB
Detail
BukuPENDIDIKAN JASMANI OLAHARAGA DAN KESEHATAN UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDS IGNATIUS SLAMET RIYADI I JAKARTA TIMUR
Bibliografi
Author: Bambang, Gregorius (Advisor); Ulina, Raskita
Topik: Pendidikan Karakter; Nilai-nilai Karakter; Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2019    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Raskita Ulina_Undergraduate Theses_2019.pdf (7.59MB; 46 download)
Abstract
Berdasarkan permasalahan yang terkait dengan kurangnya penghayatan pada nilai-nilai Pancasila, maka pendidikan karakter tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Pendidikan karakter berfokus pada nilai-nilai kebaikan yang dapat digunakan sebagai suatu pedoman hidup untuk melakukan kebaikan saat bermasyarakat. Pengembangan karakter sangat penting jika dilakukan di tingkat sekolah dasar, untuk melakukan pengembangan karakter dapat dilakukan melalui mata pelajaran yang diajarkan di sekolah, salah satunya yaitu melalui pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Melalui mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dapat dilakukan untuk membentuk aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada peserta didik. Agar pengembangan karakter terlaksana dengan baik, maka pengembangan karakter dapat dilakukan melalui pemberian teladan melalui guru, melakukan pembiasaan, dan dengan kegiatan pembelajaran yang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam upaya mengembangkan karakter pada peserta didik dan untuk mengetahui karakter-karakter yang muncul saat proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 karakter yang muncul dari 18 nilai karakter yang ada, karakter tersebut yaitu toleransi, disiplin, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat/ komunikatif, dan tanggung jawab. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar guru dapat mengembangkan keseluruhan aspek 18 nilai-nilai karakter sehingga pengembangan karakter melalui pelajaran yang diajarkan dapat terlaksana semakin baik, terarah dan menyeluruh. Selain itu, saran bagi pihak sekolah yaitu sebaiknya mendukung penuh dengan melakukan pengawasan serta evaluasi terkait pengembangan karakter pada peserta didik melalui seluruh kegiatan yanga ada di sekolah dan seluruh pelajaran yang diajarkan, khususnya pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.125 second(s)