Anda belum login :: 21 Apr 2025 12:45 WIB
Detail
BukuPENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Bibliografi
Author: Rebecca, Theresia ; Anindyta, Pricilla (Advisor)
Topik: Strategi pembelajaran; pembelajaran berbasis proyek
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2019    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Theresia Rebecca's Undergraduated Theses.pdf (14.63MB; 74 download)
Abstract
Pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu model yang dapat digunakan oleh guru dalam rangka mengimplementasikan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran Matematika kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah RnD dengan Model Pengembangan Intruksional. Proses pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan delapan langkah, yakni (1) melakukan analisis kebutuhan pembelajaran matematika kepada guru kelas IV SD; (2) menganalisis KI dan KD matematika kelas IV; (3) mengidentifikasi karakteristik siswa; (4) menuliskan tujuan intruksional khusus (5) membuat penilaian pembelajaran (6) mengembangkan RPP (7) mengembangkan bahan ajar berupa LKS (8) melakukan evaluasi dan uji coba serta merevisi produk berdasarkan hasil uji coba. Uji coba dilakukan di SD Strada Bhakti Wiyata I. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara terstruktur yang dianalisis dengan cara deskriptif. Hasil dari penelitian berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, LKS, dan Penilaian Pembelajaran yang telah melalui validasi ahli, validasi satu-satu peserta didik, uji coba kelompok besar serta revisi setelah uji coba. Melalui pengembangan strategi pembelajaran ini dapat membuat siswa aktif melakukan pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas, dapat meningkatkan kemampuan ICT, juga dapat siswa membuat suasana pembelajaran yang lebih menarik dengan kegiatan proyek yang bisa dilakukan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada guru untuk memahami penerapan pembelajaran berbasis proyek sehingga dapat melakukan pengembangan pembelajaran yang lebih inovatif.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)