Anda belum login :: 24 Apr 2025 18:48 WIB
Detail
BukuPengembangan Media Buku Cerita Anak Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas II
Bibliografi
Author: Budhayanti, Clara Ika Sari (Advisor)
Topik: Penguasaan Kosakata Kelas II; Pengembangan Media Buku Cerita
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2019    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Angela Giustifany Anky_Undergraduate Thesis_2019.pdf (14.48MB; 93 download)
Abstract
Penguasaan kosakata ialah sekumpulan kosakata bahasa indonesia yang benar yang dimiliki seseorang dan menguasai kosakata yang dimilikinya. denganmenguasai kosakata maka keterampilan berbahasa siswa semakin terasah sehingga memudahkan siswa berkomunikasi sesuai dengan konteks dan situasi, mengungkapkan segala pendapat, gagasan, pikiran, dan perasaannya kepada orang lain. Penguasaan kosakata diajarkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia guru seharusnya menggunakan media, karena media pembelajaran juga dapat mengaktifkan komunikasi serta interaksi guru dan siswa dalam proses pengajaran dan pembelajaran, sehingga dalam proses pengajaran dan pembelajaran tidak lagi terpaku dengan alat, metode dan teknik yang digunakan berulang-ulang, Maka guru seharusnya dapat mengembangkan
suatu produk media yang berkaitan dengan proses pembelajaran bahasa Indonesia yang akan dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media buku cerita anak untuk meningkatkan penguasaan kosakata kelas II SD serta untuk mengetahui tingkat kelayakan media buku cerita anak di kelas II SDN Serdang 05 Pagi. Jenis penelitian ini adalah R&D (Penelitian dan Pengembangan). Langkah yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu pengumpulan data, perencanaan, pengembangan, validasi, revisi I, uji coba kelompok kecil, revisi II, dan terakhir uji lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu, observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa produk yaitu buku cerita anak layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kelayakan diperoleh dari hasil validasi ahli dan produk. Hasil yang diperoleh dari ahli berupa masukan dan tanggapan, serta angket uji coba lapangan diperoleh rata-rata hasil angket 3. Berarti siswa setuju produk yang dikembangkan dapat meningkatkan penguasaan kosakata. Hal ini
dapat dilihat dari nilai pretest dan postest pada tahap uji coba kemampuan penguasaan kosakata mengalami peningkatan, yaitu hasil rata-rata nilai pretest ialah 50 yang termasuk dalam kategori nilai rendah. Sedangkan hasil rata-rata nilai postest ialah 98 yang termasuk dalam kategori nilai yang sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan guru harus lebih kreatif dalam mengembangkan media salah satunya ialah buku cerita anak untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Selain itu sekolah sebaiknya memberikan pelatihan atau workshop mengenai pengembangan media buku cerita agar dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)