Model pembelajaran kooperatif merupakan pendekatan pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar. Penerapan model pembelajaran kooperatif berguna untuk membantu guru menyampaikan materi ajar contohnya seperti matematika materi pecahan. Pada mata pelajaran matematika guru diwajibkan memiliki teknik atau model pembelajaran yang mempermudah siswa dalam menerima materi ajar, dikarenakan matematika tidak cukup hanya dengan metode ceramah. Salah satu model pembelajaran yang membantu kerjasama siswa dengan guru adalah model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions yang diterapkan untuk memotivasi siswa agar mampu menguasai materi pecahan bersama dengan teman sebayanya. Hasil belajar merupakan sesuatu yang didapat setelah siswa mengalami proses pembelajaran. Hasil belajar sebagai salah satu bukti dari keberhasilan seseorang dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hasil belajar yang baik tentu atas kerjasama beberapa pihak yaitu siswa, guru, dan orangtua. Proses belajar yang baik tentu akan menghasilkan hasil belajar yang baik pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas IV SDN Tegal Alur 08 Pagi Jakarta Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek pada penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Tegal Alur 08 Pagi yang berjumlah 60 orang kelas IV A dan IV B yang masing-masing kelas memiliki 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan pemberian tes berbentuk pretes dan postes. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan software IBM SPSS Statistic 20.0. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa terdapat perbedaan hasil yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol serta terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar siswa. Kelompok eksperimen mengalami kenaikan skor postes sebanyak 35 dan kelompok kontrol mengalami kenaikan skor postes sebanyak 24,5. Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions ini terlihat pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelompok eksperimen. Hal ini terlihat dari hasil analisis yang didapatkan, yaitu harga ttabel dengan taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan 58 (t = (0,05;58)) yaitu 1,671, dan hasil analisis thitung menggunakan uji Independent Sample t-test adalah 4,458. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan agar guru lebih melakukan penerapan pendekatan model pembelajaran dalam pembelajaran matematika terutama materi pecahan. Sekolah juga diharapkan agar dapat menambah sarana prasarana untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. |