Media interaktif merupakan sarana penghantar pesan atau informasi berupa materi dengan memuat komponen-komponen seperti teks, gambar, audio, dan lain sebagainya, yang dapat menarik perhatian siswa serta memberikan respon secara langsung sehingga terjadinya interaktivitas antara siswa dengan media. Penggunaan media interaktif di sekolah bukan hanya dapat menarik perhatian siswa tetapi juga mampu mendukung siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu software yang dapat mendukung dalam membuat media interaktif dengan mudah tetapi memperoleh hasil yang memuaskan adalah Unity 3D, yaitu software game engine yang canggih dan dapat digunakan dengan gratis. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif pada materi faktor persekutuan terbesar kelas IV SD, dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan observasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif deskripsi. Analisis data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan kepada guru dan siswa. Analisis data kuantitatif diperoleh dari angket validasi ahli materi dan media. Berdasarkan validasi ahli media dan materi, media interaktif yang dikembangkan sudah layak digunakan. Begitu pula dari hasil uji coba yang dilakukan, media interaktif menjadikan pembelajaran berlangsung efektif, serta guru dan siswa tertarik untuk menggunakan baik di sekolah ataupun di rumah. Oleh karena itu, melalui pengembangan media interaktif ini diharapkan guru dapat menggunakan media interaktif dalam pembelajaran, dan mengembangkan media interaktif lainnya untuk menjadikan pembelajaran di kelas IV lebih menyenangkan dan tercapainya tujuan pembelajaran. |