Dalam dunia pendidikan, guru profesional diharapkan mampu memiliki empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional. Di dalam kompetensi sosial, dua hal yang diharapkan mampu diperhatikan oleh guru adalah, kemampuan dalam membangun hubungan interpersonal dan keterampilan sosial. Sehingga secara garis besar, dapat dikatakan bahwa seorang guru profesional diharapkan mampu memiliki keterampilan komunikasi interpersonal, sebagai bagian dari kompetensi sosial. Salah satu hal yang menentukan keberhasilan siswa di dalam pembelajaran adalah kemampuan guru dalam membangun komunikasi yang efektif dengan siswa. Hal tersebut mengingat bahwa dalam menjalankan tugasnya, kegiatan guru tidak akan terlepas dari komunikasi. Sehingga harapannya guru mampu membangun interaksi yang efektif dan hubungan yang erat dan harmonis dengan semua pihak-pihak yang terkait lewat komunikasi interpersonal. Melihat pentingnya komunikasi interpersonal bagi guru, peneliti tertarik untuk menganalisis keterampilan komunikasi interpersonal guru SD Strada Budi Luhur II Bekasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan komunikasi interpersonal guru Sekolah Dasar Strada Budi Luhur II Bekasi. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan subyek penelitian 15 guru kelas I sampai dengan kelas V Sekolah Dasar Strada Budi Luhur II Bekasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan, keterampilan komunikasi interpersonal guru SD Strada Budi Luhur II Bekasi sudah baik. Hal tersebut ditunjukkan oleh kemampuan guru dalam menggunakan pesan verbal dan nonverbal dengan baik saat berkomunikasi dengan siswa. Adapun saran yang diperoleh dari penelitian ini adalah guru-guru diharapkan mampu mengembangkan keterampilan komunikasi interpersonal melalui interaksi dengan siswa, orang tua/wali siswa, sesama rekan guru dan semua pihak yang terkait lainnya. |