Anda belum login :: 23 Jul 2025 16:45 WIB
Detail
BukuGambaran Proses Proximal Anak Binaan dengan Significant Othersnya di LPKA Klas 1 Pria Tangerang dalam Coping Stress
Bibliografi
Author: Hestyanti, Yohana Ratrin (Advisor); Budiyanti, Metta
Topik: Coping Stress; Proximal Process; Anak Binaan; LPKA
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2019    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext: Metta Budiyanti_Undergraduate Theses_2019.pdf (490.68KB; 30 download)
Abstract
Situasi di dalam Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) dapat membuat anak binaan rentan terhadap stress. Stress yang umumnya mereka hadapi adalah rasa rindu terhadap keluarga atau kerabat, makanan yang dianggapnya kurang layak, serta mengalami kekerasan yang dilakukan oleh sesama anak binaan. Untuk mengatasi hal tersebut mereka perlu melakukan strategi coping. Lingkungan dapat ambil bagian dalam coping stress yang dilakukan oleh anak binaan. Salah satunya adalah peranan dari significant others anak binaan selama tinggal di LPKA. Dukungan sosial dari petugas atau significant others yang ada di dalam lingkungan LPKA dianggap berperan dalam proses adaptasi anak binaan. Interaksi yang terjadi diantara anak binaan dengan significant othersnya disebut juga dengan proses proximal. Proses proximal tersebut terjadi dalam jangka waktu yang panjang, rutin dan terus menerus sehingga mendukung perkembangan anak atau membawa perubahan pada diri anak. Penelitian ini bertujuan mendapatkan gambaran interaksi antara anak binaan dengan significant othersnya di LPKA sehingga mampu mendukung anak binaan dalam melakukan coping stress. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pemangku jabatan dalam menyusun program pembinaan di LPKA, sehigga anak binaan mendapatkan pendampingan yang lebih baik dan maksimal lagi. Penelitian ini merupakan studi kualitatif dengan teknik criterion sampling. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara kepada dua pasang partisipan anak binaan dan petugas LPKA yang menjadi significant others mereka. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang detail terkait interaksi yang dimiliki oleh anak binaan dengan significant othersnya berkaitan coping stress yang dilakukan oleh anak binaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa petugas selaku significant others anak binaan memiliki peran dalam coping stress yang dilakukan oleh anak binaan. Hal tersebut terjadi melalui interaksi yang berupa perbincangan, nasihat, dan perhatian yang diberikan ketika mereka menghabiskan waktu bersama. Selain itu, interaksi juga terjadi ketika anak binaan menjalani tugasnya sebagai tahanan pendamping. Mereka berinteraksi setiap hari, rutin, dan terlibat dalam minimal satu kegiatan yang sama. Perubahan juga terjadi dalam diri anak binaan, seperti perubahan kualitas diri yang menjadi lebih baik, dan kemapuan menggunakan teknologi serta pendalaman agama.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)