Pembelajaran tematik merupakan aplikasi dari penerapan kurikulum sebagai suatu program belajar yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Pembelajaran berbasis tema merupakan penggabungan muatan mata pelajaran yang memiliki keterhubungan dan kemudian dipadukan ke dalam tema sebagai topik pembahasan dalam belajar dengan pembelajaran ilmiah melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba/mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran tematik di SD Katolik Tarakanita Gading Serpong, terutama bagaimana cara guru merencanakan, melaksanakan, menilai, dan menyikapi kendala. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan subjek guru kelas I D, II B, III C, dan IV B di SDK Tarakanita Gading Serpong. Metode pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pengolahan data yaitu mereduksi data, memaparkan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berupa deskripsi data yaitu perencanaan pembelajaran tematik belum dilakukan secara optimal yaitu hanya sebagaian guru yang melakukan pemetaan KI, KD dan indikator ke dalam tema. Pelaksanaan pembelajaran menerapkan model tematik terpadu pada kelas I D dan model tematik jaring laba-laba pada kelas II B, III C, dan IV B. Penilaian dilakukan selama proses dan hasil akhir belajar meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kendala guru adalah kurang terampil dalam menghubungkan mata pelajaran dan pengorganisasian alokasi waktu kegiatan belajar di kelas. Saran bagi guru hendaknya mengikuti pelatihan maupun seminar mengenai pembelajaran tematik agar dapat menerapkan program belajar dengan optimal. |