Anda belum login :: 06 Jun 2025 14:58 WIB
Detail
BukuPenerapan Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 dan KTSP di SDK Tarakanita Gading Serpong
Bibliografi
Author: Fernando ; Kurnia, Ingridwati (Advisor)
Topik: Kurikulum 2013; KTSP; Pembelajaran Tematik; Saintifik; Kelas I; II; III; IV.
Bahasa: (ID )    
Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2019    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Fernando_Undergraduated Theses_2019.pdf.pdf (4.11MB; 11 download)
Abstract
Pembelajaran tematik merupakan aplikasi dari penerapan kurikulum sebagai suatu program belajar yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Pembelajaran berbasis tema merupakan penggabungan muatan mata pelajaran yang memiliki keterhubungan dan kemudian dipadukan ke dalam tema sebagai topik pembahasan dalam belajar dengan pembelajaran ilmiah melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba/mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran tematik di SD Katolik Tarakanita Gading Serpong, terutama bagaimana cara guru merencanakan, melaksanakan, menilai, dan menyikapi kendala. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan subjek guru kelas I D, II B, III C, dan IV B di SDK Tarakanita Gading Serpong. Metode pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pengolahan data yaitu mereduksi data, memaparkan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berupa deskripsi data yaitu perencanaan pembelajaran tematik belum dilakukan secara optimal yaitu hanya sebagaian guru yang melakukan pemetaan KI, KD dan indikator ke dalam tema. Pelaksanaan pembelajaran menerapkan model tematik terpadu pada kelas I D dan model tematik jaring laba-laba pada kelas II B, III C, dan IV B. Penilaian dilakukan selama proses dan hasil akhir belajar meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kendala guru adalah kurang terampil dalam menghubungkan mata pelajaran dan pengorganisasian alokasi waktu kegiatan belajar di kelas. Saran bagi guru hendaknya mengikuti pelatihan maupun seminar mengenai pembelajaran tematik agar dapat menerapkan program belajar dengan optimal.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)