Anda belum login :: 07 Jun 2025 13:50 WIB
Detail
BukuPenerapan Strategi Pemahaman Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Pecahan Bagi Siswa Kelas V SD REGINA CAELI, Cileungsi
Bibliografi
Author: Puspita, Angela Marietya ; CLARA IKA SARI BUDHAYANTI (Advisor)
Topik: Strategi Pemahaman; Motivasi Belajar; Matematika; siswa kelas V SD
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2017    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Angela Marietya Puspita's Undergraduate Theses 2017.pdf (15.36MB; 13 download)
Abstract
Motivasi merupakan suatu dorongan yang timbul dari dalam diri seseorang secara sadar maupun tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan atau perilaku dengan tujuan tertentu. Motivasi siswa dapat ditingkatkan melalui berbagai metode atau strategi pembelajaran. Salah satunya adalah strategi pemahaman. Strategistrategi pemahaman yang diterapkan dengan membangkitkan keingintahuan melalui misteri, masalah/soal, petunjuk, dan kesempatan untuk menganalisis dan berdebat. Strategi-strategi pemahaman meliputi: membandingkan dan mengontraskan, membaca untuk mendapatkan makna, pemerolehan konsep, dan misteri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan strategi pemahaman pada kelas V SD Regina Caeli. Subjek alam penelitian ini siswa kelas V SD yang bejumlah 23 orang dan guru kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan observasi, kemudian data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data yang deperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika pada materi perkalian pecahan pada saat sebelum pelaksanaan siklus dan sesudah pelaksanaan siklus secara umum mengalami peningkatan dimana perolehan skor rata-rata 101,04 pada saat sebelum siklus yang meningkat menjadi 104,13 pada saat sesudah siklus.
2. Pada indikator motivasi instrinsik diperoleh peningkatan tertinggi pada aspek ketertarikan dan minat. 3. Pada indikator motivasi ekstrinsik diperoleh peningkatan tertinggi pada aspek lingkungan rumah. 4. Penurunan teIjadi pada indikatomotivasi ekstrinsik aspek prestasi yang akan didapat dan aspek media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka disarankan agar guru dapat menerapkan strategi pemahaman dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran sehingga motivasi siswa pada mata pelajaran matematika dapat meningkat. Begitu juga disarankan untuk sekolah agar dapat mengadakan pelatihan yang berkaitan mengenai penerapan strategi pemahaman untuk guru sehingga pengetahuan dan wawasan guru tentang strategi pemahaman dapat bertambah.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)