Anda belum login :: 03 Jun 2025 12:35 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan Adiksi Video Game dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada Mahasiswa FKIKUAJ Angkatan 2016
Bibliografi
Author:
Suwangto, Erfen Gustiawan
(Advisor);
Dwiputra, Darel
;
Suryani, Eva
(Examiner)
Topik:
Adiksi Video Game
;
Game
;
Adiksi
;
Indeks Prestasi Kumulatif
;
Mahasiswa
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Sarjana Kedokteran - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2019
Jenis:
Theses - Karya Tulis Ilmiah Kedokteran (KTI-FK) - Registration of Karya Tulis Ilmiah Kedokteran
Fulltext:
DAREL DWIPUTRA_RegKTI_2019.pdf
(855.73KB;
65 download
)
Abstract
Latar belakang: Salah satu dampak yang dapat ditimbulkan dari bermain video game adalah adiksi video game. Definisi adiksi video game adalah perilaku bermain video game secara berlebihan dan dapat mengganggu aktivitas kehidupan sehari-hari. Waktu yang dihabiskan untuk bermain video game lebih banyak daripada waktu yang dihabiskan untuk melakukan tugas akademik, akibatnya prestasi belajar menjadi buruk dan mempengaruhi indeks prestasi kumulatif sebagai salah bentuk penilaian prestasi belajar.
Tujuan: Mengidentifikasi hubungan adiksi video game dengan indeks prestasi kumulatif pada mahasiswa FKIKUAJ angkatan 2016.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional pada 195 orang mahasiswa FKIKUAJ angkatan 2016. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner demografi, kuesioner Videogame Addiction Test (VAT) dan kuesioner IPK. Data dianalisa menggunakan uji T tidak berpasangan.
Hasil: Penelitian terhadap 195 orang mahasiswa FKIKUAJ angkatan 2016, sebesar 67,7% (132 responden) adiksi video game dan 32,3% (63 responden) non adiksi video game. Nilai IPK rata-rata kelompok adiksi video game 3,12 sedangkan kelompok non adiksi video game 3,16. Hasil uji T tidak berpasangan antara nilai IPK kelompok adiksi video game dengan kelompok non adiksi video game memiliki nilai p value sebesar 0,387.
Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan rerata IPK bermakna antara kelompok adiksi video game dan non adiksi video game pada mahasiswa FKIKUAJ angkatan 2016.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.109375 second(s)