Anda belum login :: 17 Apr 2025 06:06 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Efek Country of Origin terhadap Intensi Mahasiswa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta untuk Membeli Produk Luar Negeri
Bibliografi
Author:
Fiorentina, Alexandra
;
Dahesihsari, Rayini
(Advisor);
Rocky
(Advisor)
Topik:
Country of origin
;
Intensi membeli produk luar negeri
;
Theory of Planned Behavior
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2018
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Alexandra Fiorentina's undergraduate theses.pdf
(2.13MB;
62 download
)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh country of origin terhadap intensi konsumen di Indonesia untuk membeli sebuah produk. Penelitian ini dilakukan karena masyarakat Indonesia memiliki gaya hidup yang lebih condong memilih mengkonsumsi produk-produk impor dibanding produk buatan
dalam negeri. Hal ini dibuktikan dengan jumlah impor yang tidak sedikit dan preferensi masyarakat Indonesia terhadap produk luar negeri. Produk-produk impor dilihat sebagai tanda status sosial seseorang sehingga konsumen Indonesia yang menganut budaya kolektivisme sangat ingin dipandang baik oleh individu dan kelompok di sekitarnya. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode eksperimen, dan menggunakan 30 mahasiswa UNIKA Atma Jaya Jakarta sebagai partisipan. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Produk yang diberikan kepada partisipan adalah produk elektronik berupa sebuah laptop yang tidak bermerek. Penentuan produk tersebut adalah hasil dari elisitasi jenis produk dan asal negara yang dianggap berkualitas tinggi untuk produk tersebut yang dilakukan dalam pilot study sebelum penelitian dilakukan. Pengukuran intensi membeli produk luar negeri melalui dua buah pertanyaan dengan skala Likert
sesuai kerangka Theory of Planned Behavior. Data hasil eksperimen diolah dengan meggunakan metode Wilcoxon Signed-rank test untuk mengukur perbedaan intensi konsumen untuk membeli produk yang sudah diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa country of origin tidak memberikan
pengaruh yang signifikan terhadap intensi konsumen untuk membeli sebuah produk. Hasil ini membuktikan bahwa partisipan tidak menjadikan country of origin sebagai salah satu acuan untuk membeli sebuah produk, khususnya laptop. Spesifikasi laptop yang diberikan secara detil dalam eksperimen kemungkinan
menjadi penyebab kurangnya perhatian dan acuan pembelian berdasarkan country of origin. Terlebih partisipan sebagian besar adalah mereka yang memiliki pengetahuan dan penguasaan akan spesifikasi laptop yang baik. Implikasi dari hasil penelitian ini didiskusikan, baik untuk kepentingan edukasi konsumen
maupun untuk tujuan promosi produk lokal.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)