Pada era globalisasi saat ini merek merupakan identitas yang sangat penting dan harus ditanamkan kepada setiap konsumen agar dapat diingat selalu. Pada bisnis retail coffee shop di Indonesia, persaingan yang sangat kompetitif antara merek internasional dan lokal dapat dilihat pada kehadiran Starbucks dan Maxx Coffee. Untuk memenangkan persaingan tersebut perusahaan menerapkan strategi dengan berusaha menanamkan identitas merek yang kuat di benak konsumen. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui asosiasi merek perusahaan internasional Starbucks dan perusahaan lokal Maxx Coffee. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian exploratory kuantitative dan dianalisis menggunakan perhitungan Overall Mean Score (OMS). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara online dengan menggunakan google docs dan berhasil menjaring 201 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Starbucks memiliki asosiasi merek yang lebih kuat daripada Max Coffee dengan overall mean score starbucks sebesar 4.2 dan Max coffee 3.7. Akan tetapi pada dimensi kepribadian merek (brand personality) dan Nilai yang dirasakan (perceived value), hasil analisis menunjukkan bahwa kedua perusahaan mempunyai nilai seimbang. Dengan demikian walau bisnis coffee shop lokal Maxx Coffee masih terbilang muda, namun Maxx Coffe mampu menyaingi Starbucks yang merupakan perusahaan internasional. |