Berkembangnya teknologi dan internet yang ada pada saat ini mendorong terciptanya inovasi dari salah satu industri keuangan yang biasa disebut dengan financial technology (fintech), yaitu pembayaran berbasis digital (dompet digital) yang kini telah menjadi fenomena baru. Dompet digital merupakan layanan elektronik untuk menyimpan data instrumen pembayaran yang dapat juga menampung dana untuk melakukan pembayaran yang salah satunya adalah aplikasi OVO. Pada inovasi ini perusahaan perlu melakukan berbagai kegiatan bauran promosi untuk memasarkan layanan yang ditawarkan, sehingga dapat menciptakan keinginan pada konsumen untuk mengadopsi inovasi. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini aktivitas promosi memang harus diberikan kosentrasi lebih, mengingat keberhasilan sebuah produk/layanan agar dapat dikenal juga berasal dari hal tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan melibatkan 131 responden yang berada di Sky Parking Asia Tower Sudirman. Peneliti berusaha mengetahui pengaruh dari bauran promosi terhadap keputusan adopsi inovasi, Adopsi inovasi adalah salah satu model dari hierarki respon yang memiliki tingkatan seperti awareness, interest, evaluation, trial dan adoption. Tingkatan tersebut digunakan untuk melihat hasil dari berbagai aktivitas buah atas pengimplementasian bauran promosi yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara bauran promosi dengan adopsi inovasi. Selain itu melalui analisis regresi linear sederhana diketahui bahwa bauran promosi aplikasi OVO memberikan pengaruh yang positif terhadap keputusan adopsi inovasi para konsumen. |