Anda belum login :: 25 Apr 2025 07:07 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Gambaran Nilai, Krtieria Keberhasilan Usaha, dan Keberhasilan Usaha pada Wirausaha Sosial
Bibliografi
Author:
Riyanti, B.P. Dwi
(Advisor);
Wulandari, Dian
Topik:
Gambaran Nilai
;
Kriteria Keberhasilan Usaha
;
dan Keberhasilan Usaha pada Wirausaha Sosial.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2018
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Dian Wulandari_Abstract of Undergraduated Theses_2018.pdf
(1.01MB;
40 download
)
Abstract
Permasalahan kemiskinan masih menjadi masalah utama di Indonesia. Selain usaha dari pemerintah untuk mengatasi masalah kemiskinan terdapat juga usaha masyarakat dalam mengatasinya melalui kewirausahaan sosial. Kewirausahaan sosial memiliki tujuan mengatasi masalah sosial melalui aktivitas kewirausahaan. Tujuan utama dari kewirausahaan sosial yang berbeda dari kewirausahaan konvensional menyebabkan kriteria keberhasilan para wirausaha sosial juga berbeda tergantung masing-masing individu.
Kriteria keberhasilan usaha yang beragam bergantung dari faktor internalnya yaitu nilai. Nilai mengarahkan tujuan masing-masing individu sehingga wirausaha memiliki kriteria keberhasilan yang beragam. Kesesuaian kriteria keberhasilan usaha dengan nilai individu memungkinkan suatu usaha dapat berlanjut dan berkembang akan lebih besar. Atas dasar tersebut peneliti menyimpulkan bahwa diperlukan penelitian mengenai gambaran nilai, kriteria keberhasilan usaha, dan keberhasilan usaha yang dimiliki oleh wirausaha sosial.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan tiga alat ukur berbentuk kuesioner. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur nilai, alat ukur keberhasilan usaha, dan alat ukur kriteria keberhasilan usaha. Sampel penelitian ini adalah wirausaha sosial di Indonesia, khususnya di Jakarta. Jumlah sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50 partisipan.
Hasil dari pengujian statistik menunjukkan, bahwa sebagian besar wirausaha sosial memiliki nilai universalism, conformity, dan security. Sebagian besar wirausaha sosial menganggap kriteria keberhasilan usaha yang penting adalah kontribusi ke masyarakat, inovasi, dan keberlanjutan usaha. Pada kenyataannya keberhasilan usaha wirausaha sosial sebagian besar masuk ke dalam kategori sedang, sisanya sebagian kecil masuk kedalam kategori tinggi dan rendah.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)