Anda belum login :: 23 Jul 2025 01:49 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Perbedaan Tingkat Dimensi Kecerdasan Sosial Antara Laki-laki dan Perempuan Dewasa Muda yang Memiliki 'High Game Engagement' Pada Video Game Online di Jakarta
Bibliografi
Author:
Nurpatria, Nicolas Indra
(Advisor);
Yudhistira, Gregorius
Topik:
kecerdasan sosial
;
high game engagement
;
gender
;
dewasa muda
;
video game online
Bahasa:
(ID )
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2018
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Gregorius Yudhistira_Undergraduated Theses_2018.pdf.pdf
(1.81MB;
9 download
)
Abstract
Saat ini, video game online sudah menjadi sebuah tren atau gaya hidup bagi beberapa masyarakat Indonesia. Namun bermain video game online secara berlebihan dapat menimbulkan sebuah perilaku bernama high game engagement. Beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya menunjukan bahwa perilaku high game engagement memiliki hubungan terhadap tingkat kecerdasan sosial individu. Berdasarkan hasil survei yang sudah dilakukan sebelumnya juga ditemukan bahwa terdapat perbedaan tingkat kecerdasan sosial antara laki-laki dengan perempuan. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan tingkat kecerdasan sosial antara laki-laki dengan perempuan dewasa muda yang memiliki high game engagement pada video game online di Jakarta.
Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan responden yang merupakan laki-laki dan perempuan berusia dewasa muda (21-40 tahun) yang bermain video game online secara eksesif (5 jam sehari atau 30 jam seminggu) di Jakarta. Peneliti menggunakan non probability sampling, yaitu convenience sampling dengan cara menyebarkan kuesioner daring yang dapat diakses dan diisi secara publik. Terdapat 120 partisipan dalam penelitian ini yang terdiri dari 89 laki-laki dan 31 perempuan. High game engagement diukur dengan “The High Game Questionnaire” dan kecerdasan sosial diukur dengan “The Tromsø Social Intelligence Test” yang dibagi menjadi dimensi social information processing, social skills, dan social awareness yang telah diadaptasi sesuai dengan konteks penelitian.
Berdasarkan perhitungan menggunakan t-test independent sample, tidak terdapat perbedaan skor yang signifikan antara laki-laki dengan perempuan dewasa muda yang memiliki high game engagement pada video game online di Jakarta pada dimensi social information processing (t(188) = -1.583 ; p > 0.05; r2 = 0,01) dan social skills (t(188) = -1.117 ; p > 0.05; r2 = 0,007). Namun terdapat perbedaan skor yang signifikan antara laki-laki dengan perempuan dewasa muda yang memiliki high game engagement pada video game online di Jakarta pada dimensi social awareness (t(188) = -2.017 ; p < 0.05; r2 = 0,02).
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.109375 second(s)